Jangan Salah, Ini 5 Tips Memilih Moisturizer untuk Kulit Kering!

Memilih moisturizer untuk kulit kering tidak boleh sembarangan. Pelembab atau moisturizer ini sangat dibutuhkan oleh kulit. Tanpa menggunakan pelembab kulit akan menjadi kasar bahkan make up tidak menempel secara sempurna. Salah dalam memilih pelembab ini hanya akan membuat kulit Anda bertambah kasar bahkan semakin kering. Kandungan yang ada di dalam moisturizer sangat bermanfaat untuk mencegah kerusakan kulit yang lebih parah sehingga skin care satu ini tidak boleh untuk Anda lewatkan.

Pada dasarnya setiap jenis kulit ini membutuhkan moisturizer yang berbeda. Misalnya saja pelembab untuk kulit kering ini berbeda dengan kulit normal, berbeda juga dengan kulit berminyak dan kulit yang sensitif. Supaya tidak salah dalam, simak beberapa tips memilih moisturizer untuk kulit kering yang penting untuk diperhatikan berikut ini:

Pastikan Kondisi Kulit Anda lebih Dahulu

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah pastikan jika kulit Anda benar-benar kering. Jika kulit Anda terasa mengelupas, kusam, kasar, bersisik bahkan gatal kulit Anda benar-benar kering. Kadang kulit yang kering dan kasar ini juga menandakan bahwa kulit sensitif dimana mudah mengalami iritasi dan kerusakan.

Untuk kulit normal, kering sampai berminyak pun bisa saja punya kulit yang sensitif. Untuk memastikan jenis kulit Anda penting bagi Anda untuk konsultasi dengan dokter spesialis kulit atau ahli kecantikan yang memiliki kompetensi di bidang tersebut.

Perhatikan Kandungannya

Yang bisa Anda perhatikan selanjutnya adalah periksa kandungan pelembab untuk memastikan jika produk pelembab yang Anda pilih ini benar-benar sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Pelembab untuk kulit kering harus memiliki kandungan maupun bahan khusus yang mana bisa digunakan untuk memperbaiki kerusakan kulit yang Anda alami. Beberapa bahan yang harus ada dalam moisturizer untuk kulit kering seperti berikut ini:

  1. Emolien

Bahan satu ini bisa mencegah kulit Anda dari kekurangan cairan dan melindungi kelembaban kulit Anda. Zat ini bisa berbentuk cairan yang mana ada pada minyak, tumbuhan, asam lemak, dan petrolatum, gliserin, trigliserida dan lemak alkohol.

  1. Bahan Lainnya

Pelembab juga mengandung bahan lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi kulit kering. Bahan tersebut adalah zat yang mana mampu menjaga kelembaban alami kulit sehingga bisa membuat kulit lebih halus dan lembut. Pelembab atau moisturizer untuk kulit kering ini mengandung lanolin, gliserin dan hyaluronic acid.

Gliserin ini akan mampu membantu menarik air ke dalam kulit Anda, selain itu lanolin ini memiliki tugas pengunci cairan di dalam kulit Anda, sedangkan hyaluronic acid ini digunakan untuk menjaga keseimbangan cairan yang ada di kulit Anda.

  1. Antioksidan

Pelembab terbaik untuk kulit kering memiliki kandungan antioksidan di dalamnya baik yang alami atau sintetis. Kandungan ini digunakan untuk mencegah efek penuaan pada kulit bahkan bisa mengurangi radang di kulit Anda.

Perhatikan Kandungan Pada Tabir Surya

Tidak jarang ada pelembab yang mana juga memiliki fungsi sebagai tabir surya atau sunblock. Usahakan Anda untuk memilih pelembab dengan tabir surya minimal dengan SPF 30. Produk ini bisa melindungi kulit dari sinar ultraviolet yang berbahaya, selain itu pastikan jika kandungan antioksidan didalamnya dimana bisa digunakan untuk melawan radikal bebas.

Jangan Salah Memilih Tekstur Pelembab

Yang tidak boleh Anda lupakan adalah jangan salah dalam memilih tekstur pelembab. Untuk pemilik kulit kering disarankan untuk memilih pelembab yang bentuknya adalah salep atau body butter yang mana teksturnya kental juga padat. Untuk pelembab yang bentuknya krim sangat cocok untuk kulit normal sedangkan bentuk lotion ini sangat cocok untuk kulit yang berminyak.

Baca juga : Produk Kecantikan ini Berbahan Utama Tahu dan Susu Kambing

Anda bisa menyesuaikan tekstur pelembab yang Anda gunakan dengan waktu atau aktivitas pemakaian. Misalnya saja saat pagi hari Anda bisa menggunakan pelembab dengan tekstur yang ringan. Pada malam hari Anda bisa menggunakan pelembab dengan tekstur krim.

Lakukan Uji Coba

Kesalahan yang sering dilakukan adalah membeli pelembab dengan kemasan besar sehingga saat tidak cocok di kulit menyisakan produk dalam jumlah banyak. Tentu saja hal ini akan merugikan finansial Anda. Cobalah untuk menggunakan kemasan dulu atau pilih kemasan kecil untuk traveling agar saat tidak cocok Anda tidak rugi terlalu banyak sekaligus bisa menghemat budget Anda.

Jangan pernah memilih pelembab dengan bahan alkohol karena bisa menarik kelembaban pada kulit Anda, hindari pula pelembab dengan kandungan retinol karena akan menyebabkan kulit Anda semakin kering. Semoga beberapa tips memilih moisturizer untuk kulit kering ini bermanfaat untuk Anda.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak