Ini Dia 7 Tips Memilih Moisturizer Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat Sensitif

Mencari moisturizer untuk kulit berminyak dan berjerawat sensitif ini gampang-gampang susah. Hal itu karena salah dalam memilih moisturizer ini akan membuat kulit bertambah parah. Moisturizer atau pelembab sangat penting untuk kulit Anda. Menggunakan pelembab setelah menggunakan serum atau essence ini menjadi keharusan meski tipe kulit Anda berminyak atau berjerawat sekalipun. Pelembab ini digunakan untuk menjaga kesehatan dan penampilan kulit wajah Anda, selain itu juga bermanfaat untuk mencegah berbagai macam penyakit kulit.

Yang harus diperhatikan disini penting bagi Anda untuk memilih pelembab yang sesuai dengan jenis kulit. Untuk kulit yang sensitif dengan kondisi berminyak dan berjerawat dilarang menggunakan pelembab untuk kulit kering karena bisa menyebabkan kulit menjadi lebih berminyak dan berjerawat. Supaya tidak salah memilih simak beberapa tips memilih moisturizer untuk kulit berminyak dan berjerawat sensitif berikut ini:

Cek Jenis Kulit Anda Lebih Dahulu

Tips memilih moisturizer untuk kulit berminyak dan berjerawat sensitif yang pertama adalah Anda harus mengecek jenis kulit Anda lebih dahulu. Pastikan jika kulit Anda benar-benar sensitif dengan kondisi berminyak dan berjerawat. Pemilik kulit sensitif ini bisa saja memiliki kulit normal, berminyak dan berjerawat maupun kombinasi.

Tipe kulit sensitif ini akan sangat mudah terasa gatal, terbakar matahari dan pecah-pecah. Kulit satu ini juga lebih mudah mengalami ruam, merah seperti terkena reaksi alergi terutama jika menggunakan kosmetik atau skin care yang kurang cocok. Untuk mengecek tipe kulit Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kulit yang kompeten dalam mengatasi berbagai macam masalah kulit ini.

Tidak Ada Kandungan Pemicu Komedo

Anda yang masih bingung saat memilih moisturizer untuk kulit berminyak dan berjerawat sensitif bisa memperhatikan kandungan pada pelembab tersebut.  Pastikan jika tidak ada bahan yang bisa membuat kulit semakin berminyak dan berjerawat. Anda bisa memilih pelembab  yang bahan aktifnya  non comedogenic yang mana bisa memicu komedo muncul bertambah parah.

Anda bisa memilih pelembab yang mana bebas minyak seperti asam salisilat dan alpha hydroxy acids atau AHA yang mana bisa mengurangi jerawat Anda sekaligus bisa mengecilkan pori-pori yang besar. Jika perlu Anda bisa memilih pelembab yang mana mengandung vitamin C dan E untuk melindungi kulit dari kerusakan dan radikal bebas.

Hindari Pelembab yang Melembabkan

Tips memilih moisturizer untuk kulit berminyak dan berjerawat sensitif selanjutnya adalah hindari yang memberikan kelembaban ekstra. Pelembab itu misalnya shea butter, minyak dan sebagainya. Dengan kelembaban ekstra bisa menyebabkan kulit Anda akan semakin berminyak sehingga komedo dan jerawat bertambah banyak.

Pilih yang Memiliki Label Hypoallergenic

Tips memilih moisturizer untuk kulit berminyak dan berjerawat sensitif yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah hindari pelembab yang mana memiliki label hypoallergenic. Meskipun kulit sensitif Anda cenderung berminyak dan berjerawat menggunakan pelembab tanpa label hypoallergenic tersebut akan memicu alergi sehingga memunculkan ruam merah di wajah Anda.  Kulit yang sensitif ini juga lebih mudah bermasalah terlebih lagi jika banyak interaksi maupun intervensi di produk perawatan wajah Anda.

Non Parfum

Yang bisa dilakukan selanjutnya Anda bisa memilih pelembab atau moisturizer yang non parfum. Alergi ini bisa muncul jika Anda menggunakan pelembab yang mana mengandung parfum. Di dalam parfum tersebut terdapat alkohol dan berbagai macam kandungan lainnya yang mana bisa memicu kulit Anda menjadi alergi.

Pilih yang Memiliki Efek Menenangkan

Yang bisa Anda lakukan selanjutnya agar tidak salah dalam memilih pelembab adalah pilih yang memiliki efek menenangkan. Mengapa demikian? Hal itu karena kulit yang sensitif ini mudah menimbulkan reaksi sensitif. Bisa saja hari ini kulit Anda berminyak dan berjerawat, karena cuaca dan pemakaian skincare maupun kosmetik yang salah kulit Anda kemudian berubah menjadi kering, kusam dan kasar. Kulit sensitif ini mudah sekali berubah-ubah sehingga perawatannya harus benar-benar tepat.

Baca juga : Jangan Salah, Ini 5 Tips Memilih Moisturizer untuk Kulit Kering!

Pilih Produk Trial atau Uji Coba

Yang bisa Anda lakukan terakhir pilih produk trial atau uji coba dalam kemasan kecil lebih dahulu. Agar jika Anda tidak cocok dengan produk tersebut membuat tidak banyak produk yang terbuang sia-sia selain itu produk trial harganya jauh lebih hemat dibandingkan dengan kemasan besar.

Demikianlah beberapa tips memilih moisturizer untuk kulit berminyak dan berjerawat sensitif yang baik dan benar, dengan memilih skin care yang tepat kondisi kulit Anda akan semakin sehat bahkan cerah.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak