3 Fakta Menarik Sungai Amazon yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Apabila berbicara tentang sungai terbesar dan terpanjang di dunia, nama Sungai Amazon pasti menjadi salah satu yang terdepan. Selain memiliki jalur sungai yang besar dan panjang, sungai yang mengalir di 5 negara bagian Amerika Selatan ini juga memiliki hal menarik yang mungkin belum Anda ketahui. Nah, berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang sungai terpanjang di Amerika Selatan tersebut.

Fakta Menarik Amazon

  • Melintasi 5 Negara

Fakta menarik yang pertama adalah sungai ini mengaliri 5 negara sekaligus. Negara tersebut adalah Kolombia, Ekuador, Brazil, Peru, dan Bolivia. Dari semua negara tersebut Brazil menempati urutan teratas sebagai negara yang dialiri Amazon paling besar. Hal itulah yang membuat Brazil sangat identik dengan salah satu sungai terpanjang di dunia tersebut.

  • Butuh 66 Hari Untuk Berenang di Amazon

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Amazon melalui dan mengaliri beberapa negara di Amerika Selatan. Jadi, pasti terbayang bukan seberapa lama waktu yang dibutuhkan ketika seseorang mencoba berenang di sepanjang Amazon. Menurut kabar yang beredar, dibutuhkan waktu selama 66 hari untuk dapat mengarungi sungai tersebut.

Fakta tersebut rupanya juga sudah pernah dibuktikan oleh perenang jarak jauh asal Slovenia, Martin Strel, pada tahun 2007 silam. Pria tersebut mulai berenang di Amazon mulai dari tanggal 1 Februari 2007 dan finish pada tanggal 7 April 2007. Hebatnya lagi, tantangan tersebut berhasil diselesaikan Martin Strel di usianya yang menginjak 53 tahun. Sungguh kemampuan yang sangat luar biasa bukan?

  • Banyak Binatang Buas

Jika berbicara tentang satwa atau binatang yang ada di Amazon, pastinya ada banyak sekali. Namun, salah satu hewan yang identik dengan sungai amazon ini adalah ikan piranha. Ikan predator ini sudah sangat mendunia tentang sifatnya yang ganas dan sangat agresif. Ikan ini biasanya menyerang mangsanya dengan cara berkelompok.

Kekuatan gigitan dari ikan piranha ini juga tidak main-main. Titik paling kuat dari gigitan ikan ini tentunya ada di bagian rahang. Menurut penelitian, jenis Black Piranha merupakan jenis piranha yang punya gigitan terkuat. Bahkan saking kuatnya, gigitannya dapat merobek dan merusak otot Anda dalam sekali gigitan saja. Sungguh mengerikan bukan?

Itulah tadi beberapa fakta menarik dari Sungai Amazon. Terlepas dari semua hal di atas, sungai bernama Amazon ini merupakan salah satu ciptaan tuhan yang sangat mengagumkan dengan segala keindahan dan fakta menarik yang dimilikinya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak