Manfaat Masker Bengkuang untuk Kecantikan Wajah Anda

Bengkuang adalah salah satu buah yang kerap kali digunakan dalam perawatan kecantikan. Khasiatnya yang sudah dikenal sejak lama membuat berbagai produk kecantikan dengan ekstrak bengkuang terutama masker bengkuang sangat mudah dijumpai di pasaran. Namun, seiring dengan semakin mudahnya mendapatkan informasi kecantikan, apakah Anda tahu seberapa besar manfaat masker tersebut?

Berbagai Khasiat Masker Bengkuang

Menurut para ahli, buah bengkuang sendiri dikenal memiliki banyak vitamin dan antioksidan tinggi yang bagus untuk kesehatan kulit. Oleh sebab itu, bengkuang sangat cocok digunakan sebagai masker. Lalu, apa saja manfaat masker bengkuang tersebut? Bagi yang ingin tahu, berikut beberapa contohnya.

  • Mencerahkan kulit wajah

Bengkuang sangat terkenal memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C sendiri diyakini bisa mengurangi pembentukan melanin dan menyegarkan kulit sehingga banyak dipakai di berbagai produk kecantikan. Hal tersebut membuat masker bengkuang bisa mencerahkan wajah jika digunakan secara rutin.

  • Menjaga kelembapan serta kesehatan kulit wajah

Kadar air yang dimiliki bengkuang cukup tinggi sehingga bisa melembabkan kulit wajah. Hal ini tentu akan sangat cocok bagi Anda yang memiliki kulit kering. Selain itu, bengkuang juga memiliki antiinflamasi yang membuat kulit Anda tampak lebih segar sekaligus mampu memberikan sensasi sejuk di kulit.

Baca juga : Rekomendasi 7 Pelembab Untuk Kulit Kering Paling Aman

  • Mencegah penuaan dini

Antioksidan merupakan senyawa yang mampu melawan radikal bebas penyebab kerusakan sel. Perlu diketahui, hal inilah yang menjadi penyebab utama penuaan dini di kalangan anak muda. Kandungan antioksidan bengkuang yang tinggi membuatnya mampu menjaga kulit agar tetap elastis dan tidak cepat menua.

  • Menyamarkan flek hitam

Kandungan whitening atau pencerah yang dimiliki oleh bengkuang tidak hanya bisa digunakan untuk mencerahkan wajah namun juga untuk menyamarkan flek hitam. Selain flek hitam, noda bekas jerawat juga bisa disamarkan jika Anda menggunakan masker bengkuang secara rutin.

  • Mengontrol produksi minyak berlebih

Bagi Anda yang memiliki tipe wajah berminyak, menggunakan masker bengkuang secara rutin akan mengurangi produksi minyak tanpa membuat wajah Anda menjadi kering. Kandungan air dalam buah tersebut dipercaya mampu mengontrol minyak di wajah jika digunakan secara teratur.

  • Mengecilkan pori-pori wajah

Bagi Anda yang memiliki pori-pori besar, masker bengkuang perlu Anda masukan dalam daftar perawatan wajah secara rutin. Masker bengkuang ini diketahui mampu mengangkat kotoran serta sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit wajah. Dengan penggunaan rutin, kotoran tersebut akan hilang pelan-pelan sehingga pori-pori wajah ikut mengecil.

Apakah Masker Alami Selalu Lebih Baik?

Meskipun masker bengkuang bisa dibuat sendiri tapi banyak orang yang lebih memilih membeli masker bengkuang dari berbagai merek perawatan kecantikan tanah air. Alasannya pun bermacam-macam. Namun, apakah masker bengkuang buatan sendiri memiliki kualitas yang lebih baik?

Sebenarnya hal tersebut tidak selalu benar. Menurut beberapa ahli, masker alami tidak selalu bagus untuk kulit terutama untuk wajah. Hal ini dikarenakan ada beberapa orang yang sangat sensitif terhadap bahan-bahan tertentu termasuk bahan alami. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengeceknya lebih dulu.

Baca juga : Rekomendasi 6 Produk Perawatan Wajah Terbaik di Indonesia

Selain itu, kandungan yang dimiliki bengkuang tidak semuanya bermanfaat bagi kulit. Salah satu contohnya adalah kandungan getah yang dimiliki bengkuang. Jika Anda tidak hati-hati ketika membuat masker bengkuang maka bisa jadi kulit Anda akan iritasi. Selain itu, membuat masker sendiri membutuhkan waktu serta bengkuang yang tidak sedikit sehingga kurang praktis.

Meskipun begitu, Anda sebaiknya juga berhati-hati saat membeli produk masker di pasaran. Selalu pastikan masker tersebut telah terdaftar di BPOM dan memiliki tanggal kadaluwarsa yang jelas. Pastikan juga untuk membeli di tempat terpercaya agar Anda tidak salah membeli masker abal-abal yang saat ini sedang banyak diberitakan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak