Manfaat Berendam Air Hangat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Berendam air hangat memang sangat menyenangkan. Tidak heran jika banyak orang terutama orang Jepang yang sangat menyukai kegiatan berendam di air panas dalam waktu yang cukup lama. Namun, tahukah Anda jika selain dikenal memiliki khasiat bagi kesehatan, berendam air panas juga bermanfaat bagi kecantikan kulit? Berikut penjelasannya.

Berendam di Air Hangat Untuk Kesehatan

Berendam air hangat tidak hanya membuat Anda menjadi lebih rileks, air hangat diketahui juga memiliki berbagai manfaat yang sudah dikenal secara turun-temurun. Sayangnya, meski memiliki banyak manfaat tapi berendam air hangat belum terlalu populer bagi masyarakat tanah air. Padahal, kegiatan ini memiliki khasiat yang cukup banyak. Berikut beberapa contohnya.

  •   Menenangkan otot

Air hangat diketahui mampu menenangkan otot-otot yang tegang akibat aktivitas yang berat. Dengan begitu, pikiran Anda akan menjadi lebih tenang sehingga bisa mengembalikan semangat serta mood baik Anda. Jika pikiran kembali tenang maka Anda bisa produktif seperti sedia kala.

  •   Mengembalikan peredaran darah

Menurut beberapa ahli, air hangat mampu menormalkan pembuluh darah sehingga mampu memperlancar peredaran darah di tubuh. Ketika sirkulasi darah berjalan lancar maka tubuh Anda akan mendapatkan nutrisi dan oksigen dengan lebih baik. Dengan begitu, risiko penyakit berat seperti stroke dan serangan jantung pun bisa diminimalisir.

  •   Membuat tidur lebih nyenyak

Bagi yang mengalami gangguan tidur, berendam air hangat sangat dianjurkan agar bisa tidur dengan nyenyak. Cukup berendam sekitar 10 menit sebelum tidur agar mendapatkan hasil yang efektif. Ketika berendam air hangat, peredaran darah akan lebih lancar dan Anda akan menjadi lebih rileks sehingga kualitas tidur Anda akan lebih baik.

Baca juga : Jenis Perawatan Wajah oleh Dokter Kecantikan di Kota Besar

Berendam di Air Hangat Untuk Kecantikan Kulit

Selain baik untuk kesehatan, air hangat juga memiliki manfaat yang baik bagi kecantikan kulit terutama kulit wajah. Khasiatnya lumayan banyak namun bagi Anda yang penasaran berikut beberapa contohnya.

  •   Membuka pori-pori kulit

Air hangat diketahui mampu membuat pori-pori kulit terbuka. Dengan begitu, kemampuan kulit untuk menyerap nutrisi berbagai produk kecantikan akan lebih efisien. Tidak hanya itu, kotoran serta kulit mati yang menempel akan mudah dibersihkan. Oleh sebab itu, disarankan untuk menambah sedikit sabun dan menggosok tubuh secara perlahan agar hasilnya lebih maksimal.

  •   Mengeluarkan racun di dalam tubuh

Mengeluarkan racun atau detox tidak hanya memiliki manfaat bagi kesehatan. Proses ini diketahui juga membuat kulit menjadi lebih sehat dan terlihat lebih segar. Agar prosesnya lebih efektif, para ahli menyarankan untuk berendam tidak lebih dari 20 menit. Lebih dari itu, tubuh Anda berisiko kekurangan cairan sehingga cukup berbahaya.

  •   Membantu mengangkat sel kulit mati

Air hangat dipercaya mampu menjaga kelembutan kulit sekaligus mengangkat sel kulit mati. Bagi Anda yang sering mengalami kulit pecah-pecah, berendam air hangat bisa membantu membersihkannya lebih cepat. Hal ini dikarenakan air hangat membuat kulit lebih lunak sehingga cukup digosok perlahan untuk membuang kulit mati tersebut.

Baca juga : 6 Produk Make Up Untuk Pemula Remaja Yang Bagus Untuk Kulit

Meskipun berendam di air hangat memiliki banyak manfaat, Anda sebaiknya tidak melakukannya terlalu sering. Terlalu sering berendam air hangat diketahui berpotensi menurunkan tekanan darah dan suhu tubuh setelah berendam. Hal inilah yang membuat Anda sering merasa kedinginan setelah berendam dalam air hangat.

Tidak hanya itu, berendam air panas terlalu lama juga bisa membuat Anda mengalami mual, merusak kulit bahkan membahayakan janin. Oleh sebab itu, para ahli menyarankan untuk setidaknya berendam 1-2 jam sebelum pergi tidur agar Anda bisa merasakan manfaat berendam air hangat serta terhindar dari berbagai risiko kesehatan di kemudian hari.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak