Apa Itu Jam Tangan Mekanik? Cara Kerjanya Bagaimana?

Apa itu jam tangan mekanik? Jam mekanik adalah jam dengan komponen menggunakan pengaturan secara mekanis untuk mengukur waktu. Tidak seperti jam tangan quartz modern yang menggunakan sistem elektronik secara fungsi.

Jika dibandingkan jam tangan dengan tenaga baterai, mungkin jam mekanik sedikit kalah dari sisi akurasi. Kendati demikian jam tangan mekanik lebih prestisius dan berharga, sebab dibuat secara detail dan padat karya.

Cara Kerja Jam Tangan Mekanik

Jam tangan mekanik terbaik sistem mekanisnya didorong oleh per utama atau pegas (mainspring) dan harus dialiri secara berkala. Dalm hal ini kekuatan ditransmisikan melalui gear (rangkaian roda gigi) kemudian menggerakan balance wheel atau roda keseimbangan.

Ada salah satu komponen bernama “escapement”. Komponen ini berfungsi melepaskan roda jam supaya dapat bergerak perlahan menyesuaikan dengan ayunan roda keseimbangan, kemudian menggerakkan jarum jam ke depan dengan laju konstan.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, dari segi akurasi performa jam mekanik masih di bawah jam tangan versi quartz elektronik modern. Jam mekanik juga butuh pembersihan secara berkala dan itupun harus dilakukan oleh pembuat jam profesional.

Produk High-end dan Lebih Prestisius

Produk jam tangan kuarsa sudah sejak lama mengambil alih pasar jam tangan global, bahkan sudah terjadi sejak tahun 1970-an. Namun demikian jam mekanik tidak pernah kehilangan pamornya malah tetap eksis dan menjelma menjadi produk high-end bernilai tinggi.

Bukan hanya kebutuhan soal penunjuk waktu. Tapi jam mekanik banyak dicari karena alasan estetika, bentuk apresiasi karya yang bagus, dan tak jarang sebagai simbol status sosial.

Jam mekanik mampu mengidentifikasi seseorang sebagai konsumen yang cerdas, bisa menghargai sejarah dan warisan sekaligus peduli dengan karya-karya besar dengan detail-detail rumit. Tak jarang ada yang beranggapan bahwa pembeli merk jam mekanik terbaik adalah figur yang menghabiskan hartanya secara cerdas.

Baca juga : 4 Jam Tangan Smartwatch Fossil Gen 5 Paling Laris Saat Ini

Sebuah jam tangan mekanik dari merk terkenal dan dibuat limited edition biasanya akan menjadi koleksi bernilai tinggi. Bahkan jika dijual secara preloved di kemudian hari kemungkinan akan mengalami kenaikan harga fantastis. Dengan sendirinya koleksi jam mekanik terbaik juga merupakan bentuk lain dari investasi.

Tak jauh beda dengan pecinta fanatik mobil, meskipun banyak pilihan teknologi penyetiran yang lebih canggih, berkendara secara manual akan menciptakan sensasi tersendiri. Ada sesuatu yang istimewa dan tidak bisa digantikan oleh apapun.

Demikian juga dengan jam tangan bahwasanya sistem mekanis sering menjadi patokan bahwa seseorang memahami fungsi horologi sekaligus menghargai nilai dan estetika.

5 Rekomendasi Brand Jam Tangan Mekanik

Ada 5 rekomenasi brand untuk pilihan jam mekanik paling banyak di cari. Kami rangkum detail brand jam mekanik sebagai berikut:

1. Fossil

  • Fossil neutral twist stainless steel watch
  • Fossil townsman automatic stainless steel watch
  • Fossil chase automatic brown leather watch

Lengkapnya : www.fossil.co.id/men/watches/mechanical-watches.html

2. Rolex

  • Rolex cellini dual time
  • Rolex pearlmaster 34
  • Rolex lady-datejust

Lengkapnya : www.intime.co.id/rolex/rolex-watches/

3. Tag Heuer

  • TAG heuer aquaracer quartz
  • TAG heuer formula 1
  • TAG heuer carrera calibre 5 day-date

Lengkapnya : www.intime.co.id/product-brand/tag-heuer/

4. IWC

  • IWC pilot’s watch mark xviii edition le petit prince
  • IWC portugieser automatic
  • IWC portofino automatic 37

Lengkapnya : www.thetimeplace.co.id/find-a-timepiece/18

5. Audemars Piguet

  • Audemars piguet royal oak frosted gold quartz
  • Audemars piguet royal oak offshore selfwinding chronograph
  • Audemars piguet millenary frosted gold opal dial

Lengkapnya : www.thetimeplace.co.id/find-a-timepiece/3

Pertanyaan tentang apa itu jam mekanik semua sudah djelaskan diatas. Secara garis besar, jam tangan mekanik memang kalah dari segi akurasi dibanding jam tangan quartz elektronik modern. Namun dari segi estetika, jam mekanik tetap yang terbaik dan tidak tergantikan.

Baca juga : Perbedaan Jam Tangan Kinetik dan Automatic Paling Menonjol

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak