Cara Memilih Jam Tangan Dengan 3 Kriteria

Bingung milih jam tangan sesuai keinginan? belum tau cara memilih jam tangan? – Saat ini jam tangan menjadi kebutuhan multi fungsi. Meski fungsi utamanya sebagai penunjuk waktu, di kesempatan berbeda bisa juga berfungi sebagai aksesoris, simbol status sosial, bahkan tak sedikit orang memborong jam tangan untuk koleksi.

Secara umum orang tidak puas dengan hanya memiliki satu jam tangan. Alasannya tentu saja berhubungan dengan penampilan. Kadang orang butuh tampil formal, namun di waktu yang lain butuh tampil santai atau kasual.

Penampilan berbeda, sudah pasti membutuhkan aksesoris jam tangan yang berbeda pula. Karena kebutuhan berbeda tersebut para produsen berlomba-lomba memproduksi jam tangan dengan desain yang beragam.

Cara Memilih Jam Tangan Berkualitas Bagus

Terlepas dari fungsi dan kebutuhannya, tak sedikit orang yang keliru ketika membeli jam tangan. Kadang mereka sulit menemukan kualitas, desain, dan harga yang seimbang dalam satu produk. Nah, supaya mendapat produk jam tangan yang tepat, berikut cara memilih jam tangan berkualitas yang harus Anda pahami.

1. Perhatikan Desain

Memang agak susah memilih jam tangan yang benar-benar sesuai dengan selera. Ini karena jam tangan yang dikenakan sering menjadi tolok ukur soal penampilan, apakah stylish atau tidak.

Desain Jam Tangan Apple

Namun memilih jam tangan dengan desain timeless adalah opsi paling tepat sebab desain ini tidak pernah ketinggalan jaman. Tapi jangan lupa, pertimbangkan dulu pilihan tersebut sebab apapun pilihannya semua mewakili karakter pribadi masing-masing. Intinya dari jam tangan yang kita pakai, itu sudah mewakili ekspresi tentang apa yang kita suka.

2. Perhatikan Kualitas dari Merk

Ketika memilih jam tangan merk khusus, pastikan dulu track record perusahaannya. Memiliki kualitas produk standard internasional atau tidak, eksistensinya berapa lama, dan sebagainya.

Apakah jam tangan nantinya akan digunakan dalam ruangan atau luar ruangan juga perlu dipertimbangkan. Karena seperti yang disebutkan diawal, setiap penampilan membutuhkan aksesoris jam tangan berbeda.

image by merkterbaik.com

Untuk tampilan kasual atau semi formal tentu pilihannya jam tangan dengan strap dari material leather atau kulit. Sedangkan untuk tampilan formal yang paling cocok adalah bahan dari stainless steel.

Memilih merk jam tangan yang bagus memang terjamin secara kualitas. Namun pertimbangannya adalah budget. Akan semakin rumit jika memilih jam tangan merk terkenal namun harganya jauh dari budget yang disiapkan.

3. Perhatikan Harga

Siapkan dulu dana untuk membeli jam tangan. Ingat, jangan membeli jam tangan harga mahal tapi buta kualitasnya. Namun begitu tidak disarankan pula membeli jam tangan yang harganya terlalu murah. Jam tangan abal-abal atau replika justru sering mendatangkan masalah.

Harga
image by liberaldictionary.com

Alasan mengapa harga jam tangan mahal sejatinya bukan karena desainnya yang bagus namun dipengaruhi faktor mesin serta mekanik. Misalnya Rolex atau Richard Mille, mesin kedua merk jam tangan tersebut sangat rumit, lebih dari 300 bagian. Jadi wajar jika harganya sangat mahal.

Outfit Kantor dengan Jam Tangan

Outfit yang dikenakan akan mempengaruhi penampilan. Begitu pula untuk tampilan di kantor, lagi-lagi jam tangan adalah fashion item yang wajib dikenakan. Nah, bagaimana cara memilih jam tangan yang tepat untuk ke kantor?

Apapun merk jam tangan yang dikenakan, terkenal atau tidak, bahan material yang digunakan merupakan hal paling penting untuk diperhatikan. Terlebih di kantor dimana kita pasti berinteraksi dengan orang banyak.

Untuk ke kantor yang notabene acara formal, pria lebih cocok menggunakan jam tangan dari steel. Sedangkan model klasik merupakan pilihan paling aman. Untuk wanita, bahan dari steel juga masih aman namun lebih disarankan dari leather.

Outfit Kantor dengan Jam Tangan
Image by pinterest.com

Untuk pilihan warna, pria lebih cocok jam tangan warna hitam, biru tua, silver atau gold. Sedangkan untuk wanita feminine warna yang cocok yaitu pink, putih, atau silver.

Baca juga : 5 Tips Memilih Model Jam Tangan untuk Wanita yang Tepat dan Stylish

Kendati demikian, pilihan jam tangan untuk dunia profesional, dalam ini suasana kantor, pilihannya mungkin berbeda. Jika kantor benar-bener menerapkan gaya formal yang profesional dress code yang disebutkan tadi sebaiknya diabaikan.

Outfit Kantor
Image by pinterest.com

Sebaliknya jika suasana kantor sangat santai, maka jam tangan model kasual memang pilihan paling tepat. Pilihannya cukup banyak seperti jam tangan dengan bahan strap dari akrilik, leather, rubber, bahkan steel sekalipun.

Sebenarnya cara memilih dan membeli jam tangan itu sangat sederhana, yang paling penting adalah pertimbangan. Tentunya pertimbangan kebutuhan, desain, kualitas, dan harga. Namun apapun pertimbangannya, pastikan Anda membeli jam tangan hanya di online store original.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak