Jangan Sampai Salah, Ini Dia Jenis kayu yang Bagus untuk Kerajinan!

Sedang berencana membuat kerajinan dari kayu? Pastikan Anda memilih jenis kayu yang bagus untuk kerajinan ya! Mengapa demikian? Alasannya simpel karena kayu terbaik pasti bisa menghasilkan karya yang baik pula. Tidak hanya itu saja kayu tersebut akan mudah dibentuk bahkan lebih awet sehingga kerajinan yang dibuat memiliki nilai yang lebih. 

Saat ini kerajinan  kayu banyak diminati untuk dekorasi rumah. Memang terkesan jadul tapi dengan menggunakan kerajinan dari kayu rumah akan terasa unik dan antik. Tidak hanya itu saja, rumah juga akan terlihat lebih estetik. Nah, agar Anda bisa mendapatkan kerajinan yang bagus dan bernilai tinggi simak beberapa jenis kayu yang bagus untuk kerajinan berikut ini:

Kayu Jati

Tidak hanya bagus untuk furniture dan mebel saja, tapi kayu jatijuga sangat bagus untuk kerajinan lho. Furniture maupun kerajinan yang dibuat dari kayu yang satu ini dibanderol dengan harga yang sepadan dengan kualitas yang didapatkan. Kayu jati mempunyai kualitas bagus untuk kerajinan alat dapur seperti talenan dan spatula karena kuat dan tahan air.

 

Kayu Pinus

Jenis kayu yang bagus untuk kerajinan selanjutnya adalah kayu pinus.  Kayu yang satu ini cocok dijadikan sebagai bahan dasar perabotan rumah misalnya lemari, meja, tempat tidur dan sebagainya. Untuk kerajinan, kayu pinus memiliki kelebihan seperti harga yang lebih murah, bobot yang ringan, dan memiliki warna kayu yang terang dan mudah ditimpa dengan warna yang lain.  Anda yang mencari perabot yang minimalis, perabot dari kayu pinus bisa dijadikan sebagai pilihan.


Kayu Sonokeling

Mungkin jenis kayu yang satu ini belum terlalu familiar ya. Padahal kayu yang satu ini termasuk yang kuat dan awet karena sifatnya mirip dengan kayu jati. Ciri khasnya, kayu sonokeling memiliki serat dan tekstur kayu yang indah sehingga kerajinan yang dibuat dari kayu yang satu ini sangat mewah dan menarik. Yang membuat kayu yang satu ini sangat unik adalah warna alami yang hitam dan sedikit keunguan.

Kayu Akasia

Jenis kayu yang bagus untuk kerajinan selanjutnya adalah kayu akasia. Secara penampilan, kayu yang satu ini sangat mirip dengan kayu jati yang memiliki warna coklat.  Kayu yang satu ini memiliki serat menarik dan mudah dijadikan sebagai aneka kerajinan. Yang membedakannya dengan kayu jati adalah tekstur kayu jati lebih halus dibandingkan dengan akasia. Untuk urusan keawetan, kayu akasia kalah jauh dengan kayu jati. Selain itu,  kayu yang satu ini rawan dengan serangan jamur dan rayap atau serangga perusak lainnya.


Kayu Trembesi

Yang terakhir ada kayu trembesi.  Kayu jenis yang satu ini mudah dijumpai di Indonesia tepatnya ada di kawasan Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Maluku dan Nusa Tenggara. Kelebihan dari kayu yang satu ini adalah memiliki warna apik putih di pinggiran coklat dan tengah. Kayu trembesi banyak digunakan untuk membuat meja dan furniture.

 

Demikianlah beberapa jenis kayu yang bagus untuk kerajinan dan bisa dimanfaatkan, semoga informasi ini bermanfaat ya!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak