Cara Membuat Donat Kampung Empuk dan Mengembang Sempurna

Assalamualikum Teman-teman semuanya kali ini kita mau buat Donat Kampung Tanpa Kentang, meskipun tekstur donat kampung ini lebih padat tapi rasanya mpuk dan lembut lho.. kalau buat sendiri lebih suka donat kampung ini langsung aja yuk

Yuk Simak :

Untuk membuat donat siapkan adonannya:

  • 500 gram tepung terigu protein tinggi
  • pake tepung cakra kembar. 200 mililiter
  • air es
  • 4 butir kuning telur,
  • 5 sendok makan susu bubuk teteh pakai susu bubuk dancow
  • 5 sendok makan gula pasir,
  • setengah sendok teh garam halus,
  • 1 bungkus ragi instan teteh pake fermipan
  • kalau gak ada bisa pake mauripan atau saf
  • yang penting ragi instan dan terakhir
  • 100 gram mentega teteh pake bluband cake&cuke

Siapkan wadah, campurkan menjadi satu tepung terigu, kalau mau di campur dengan protein sedang juga bisa, tapi kalau lebih pilih pake
tepung terigu protein tinggi supaya hasilnya lebih bagus. Kemudian campur susu bubuk, gula pasir dan juga ragi aduk rata.

tepung terigu

Kalau raginya tidak di tutup rapat dengan kemasan seperti ini bisa di coba di tes dulu yah biangnya kita buat biang dulu sampai berbusa itu tandanya raginya aktif, tapi kalau seperti ini biasanya raginya aktif karena tertutup rapat buat lubang di bagian tengah,  Kemudian masukan 4 butir kuning telur, kuning telur ini membuat donatnya menjadi lembut.

kalau misalkan ingin tekstur donatnya ada kenyal-kenyalnya gunakan 1 butir telur, tapi karena teteh pengen donatnya mpuk dan lembut jadi pake kuning telur. Aduk terus sampai tercampur rata tambahkan air es sedikit-sedikit, air es di gunakan agar menjaga suhu adonan tetap lembap selama proses pengulenan sehingga ragi dapat berfungsi maksimal.

Pada saat proses fermentasi tergantung suhu saat membuat juga ya kalau saat membuat donat di tempat suhu panas maka pakai air es. Kalau membuat donat di tempat suhu dingin maka pakai air hangat uleni sampai setengah kalis, Tuangkan airnya semuanya, uleni terus adonannya memang agak lengket, uleni sampai tercampur rata, kalau sudah hampir tercampur rata seperti ini sekarang masukan garam, Kemudian ini pakai 100 gram aja karena beratnya 200 gram kita pakai setengahnya.

Baca juga : Cara Buat Roti Pisang yang Enak Lembut Tanpa Mixer

Uleni sampai kalis untuk garam dan mentega di masukan paling akhir karena sipatnya mengikat air kalau gak ada mentega bisa di ganti dengan margarin biasa ya tapi hasilnya lebih lembut pakai mentega.

Hah supaya lebih mudah untuk pengulenannya sekarang kita pindahkan ke meja kerja taburkan terigu di atas alas, Kalau adonan lengket tinggal di taburkan aja ke tepung tangannya ini gunakan dua tangan untuk menguleni jangan lupa tangannya di cuci tangan dulu sampai bersih, Kalau punya mixer buat roti bisa juga menggunakan mixer, uleni terus sampai adonannya kalis.

ini mirip mencuci pakaian ya…

Uleni

Uleni terus adonan sampai kalis atau sampai tidak lengket di tangan, Kemudian bulatkan adonan ambil lagi wadah tambahkan sedikit minyak tujuannya supaya adonan tidak lengket saat di ambil kembali diamlkan adonan hingga mengembang dua kali lipat.

Untuk berapa lamanya waktu yang di gunakan semua tergantung cuaca ya teman-teman semakin panas suhu ruangan semakin cepat mengembangnya.

Sebaliknya jika suhu ruangan dingin misal, sedang hujan akan lama mengembangnya. pokoknya sampai mengembang 2 kali lipat. Jika sudah mengembang 2 kali lipat tusuk bagian tengah adonan dengan jari kempeskan adonan agar udara yang terperangkap di adonan bisa keluar ya..

Kemudian timbang masing-masing adonan dengan berat 40 gram atau sesuai selera lakukan cara ini sampai semua adonannya habis setelah adonan selesai di timbang setelah itu bulat-bulatkan dengan cara menarik di samping dan menekan ke baghian tengah sampai permukaannya halus teman-teman lakukan sampai selesai dan diamkan 10 menit.

Setelah di diamkan 10 menit donat siap di beri lubang bagian tengahnya siapkan dulu loyang atau piring untuk meletakan donat yang sudah di beri lubang dan jangan lupa taburkan tepung supaya gak lengket saat donat di ambil, Kemudian siapkan botol plastik buka tutupnya dan gunting sebagian botol ini untuk melubangi donat ya..

adonan

Pipihkan adonan dan lubangi bagian tengah dengan botol plastik yang sudah di masukan ke tepung terigu terlebih dahulu diamkan 30 menit, sampai mengembang di loyang yang sudah di tabur tepung.

Sekarang donat siap di goreng gunakan spatula untuk mengambil donat yang akan di goreng. Goreng donat dengan api kecil di minyak yang sudah di panaskan terlebih dahulu.  Goreng bagian atas dahulu ya yang menyentuh minyak goreng hingga kedua sisinya matang. Nah ini dia donat yang sudah matang  iriskan di tissue dapur supaya minyaknya terserap meskipun tanpa widhtdrink tekstur bagian dalamnya lembut dan mpuk banget lho teman-teman dinikmati dengan taburan gula halus kaya gini aja udah nikmat banget cocok deh buat temen ngteh
atau sekedar ngopi pagi dan sore hari.

Jadi jangan lupa di coba ya teman-teman nah buat teman-temang yang mau donatnya tetap empuk meskipun sudah 3 hari simpen aja sisa donatnya di zipperbag. Dijamin deh bakal lembut terus donatnya karena tertutup rapat tidak terkena udara silahkan di coba juga ya tipsnya..

Nah teman-teman itu tadi tutorial membuat Donat Kampung Tanpa Kentang

terimakasih sudah membaca Aassalamualikum..

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak