Cara Buat Roti Pisang yang Enak Lembut Tanpa Mixer

Cara bikin roti pisang coklat yang enak dan lembut banget meskipun tanpa dimixer dan tanpa diuleni dan ini caranya mudah banget sama pasti bisa karena kalian tinggal ikutin aja step by stepnya :

Begini cara pembuatannya roti pisang :

Pertama-tama kita buat untuk isiannya Kita gunakan lima buah pisang raja dan kita belah menjadi dua.

Pisangnya akan kita goreng dulu tapi kalau misalnya ingin di gugus juga boleh.

kita goreng hingga pisangnya matang. Untuk jenis pisang tidak harus menggunakan pisang raja, boleh menggunakan Pisang apa aja yang penting gunakan pisang yang udah matang biar rasanya lebih enak dan manis.

pisang roti

Nah setelah kira-kira pisangnya sudah matang lalu angkat dan kita gunakan saat pisangnya udah dingin. Kemudian di wadah lain kita tuang 130 mili susu cair hangat lalu tambahkan 3 sendok makan gula pasir.

Setengah sendok makan ragi instan boleh menggunakan merk apa aja aduk-aduk hingga gula dan ragi nya tercampur dan seperti biasa ini akan kita diamkan terlebih dulu sekitar kurang lebih 8 hingga 10 menit.

Baca juga : Cara Membuat Donat Kampung Empuk dan Mengembang Sempurna

Nah setelah 10 menit kita diamkan. Lalu masukkan satu butir telur ukuran

sedang aduk-aduk hingga telurnya tercampur.

Lalu masukkan 250 gram tepung terigu protein tinggi dan tambahkan 1/4 sendok teh garam lalu kita aduk-aduk di tambahkan 1 sendok makan margarine atau butter yang sudah dicairkan.

Selanjutnya ini akan kita aduk-aduk aja hingga semuanya tercampur rata untuk mengaduk hingga tercampur rata ini. Kita membutuhkan waktu kurang lebih 5 menit.

Nah setelah kira-kira semua bahan menyatu dan tercampur dengan baik, Kita diamkan

biar raginya sendiri yang aja lalu tutup adonannya.

Selanjutnya ini kita proofing selama kurang lebih satu jam atau hingga dia mengembang 2 kali lipat.

proofing

Nah setelah deh mengembang 2 kali lipat lalu kita buka dan adonannya kerasa lembut banget, kasih sedikit margarin cair biar tidak lengket.

Nah ini adonannya lalu akan kita bulatkan dan selanjutnya akan kita bagi-bagi, Akan kita bagi menjadi 10 bagian dan masing-masing bagian seberat kurang lebih 50 gram.

Kemudian kita bulat-bulat kan, kalau misalnya tangan yang terasa lengket memegang adonan boleh juga dikasih minyak sayur atau margarin diadonananya.

Setelah selesai dibulatkan lalu kita tutup adonannya biar enggak kering. Untuk tempatnya kita siapkan loyang dan kita alasi dengan baking paper

lalu kita pipihkan adonan nya plus satu potong pisang dan kasih misi secukupnya diatasnya.

Lalu kita tutup rapat agar pinggir-pinggirnya biar nanti setelah dibuka akan terlihat meleleh seperti bocor gt.

Potong-potong menggunakan pisau atau spatula lalu gulung. Setelah selesai lalu ini kita tutup dan kita diamkan kurang lebih 30 menit atau hingga dia mengembang 2 kali lipat

dan begitu seterusnya kita selesaikan.

Lalu akan kita Panaskan oven nya dulu di suhu 200° celcius api atas bawah selama kurang lebih 10 menit. Nah setelah mengembang 2 kali lipat sebelum dipanggang ini akan kita olesi dengan susu cair.

oven roti

Selanjutnya ini akan kita taruh di dak Tengah panggangan di suhu 160° celcius api atas bawah selama kurang lebih 20 menit atau hingga dia matang dan bisa disesuaikan dengan oven masing-masing. 

Nah setelah tetang boleh kita angkat selagi masih panas oleh si atasnya dengan margarine atau butter biar dia tetap lembab.

Setelah matang kita cobain roti pisang coklatnya pasti lembut banget manis coklatnya meleleh dimulut.

wassalamu’alaikum warahmatullahi

wabarakatuh

 roti pisang lumer

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak