Kenapa Jam Tangan Mewah Mahal? Simak 5 Alasannya Di Sini!

Jam tangan mewah mahal?

Tentu pertanyaan tersebut sering dilontarkan. Jam tangan mewah ada yang memiliki harga ratusan juta rupiah bahkan mencapai miliaran. Saat ini jam tangan tidak hanya dijadikan sebagai penunjuk waktu saja namun juga sudah menjadi bagian dari gaya hidup manusia. Tidak sedikit orang yang rela untuk mengeluarkan budget ratusan juta sampai dengan miliaran rupiah hanya untuk jam tangan. Memang harga satu buah jam tangan tersebut bisa mengalahkan harga rumah dan mobil. Hal tersebutlah yang sering membuat orang bertanya-tanya kenapa jam tangan mewah mahal?

Yang membuat heran adalah ada beberapa jam yang di banderol dengan harga murah yaitu hanya puluhan ribu rupiah saja. Lalu mengapa jam tangan tersebut harganya mahal? Simak beberapa alasannya di bawah ini:

1. Komponen rumit

Kenapa jam tangan mewah mahal? Alasan pertama yang membuat jam tangan mewah mahal adalah komponen jam tangan tersebut kecil dan rumit. Tidak hanya komponennya yang rumit namun harga komponennya pun juga sangat mahal, hal itulah yang membuat alasan mengapa jam tangan tersebut harganya akan selalu mahal. Jangan pernah mengira jika membuat jam tangan tersebut mudah, proses pembuatannya jauh lebih sulit dari yang dibayangkan. Pembuat jam tangan dituntut untuk membuat mesin yang komponennya rumit dan ukurannya kecil. Penyusunan komponen jam tangan pun tidak boleh salah agar jam bisa berfungsi dengan baik. Untuk jam tangan yang sudah memiliki brand akan selalu menjaga kualitas pada setiap komponen pembentuk jamnya. Semakin beragam fungsinya maka komponennya juga akan semakin rumit terlebih jika ada teknologi yang dikembangkan di jam tersebut.

Baca juga : 4 Toko Jam Tangan Online Terpercaya di Indonesia

2. Tenaga Profesional

Ketenagakerjaan yang harus profesional merupakan salah satu alasannya kenapa jam tangan mewah harganya mahal. Tidak semua orang bisa membuat jam tangan tersebut sehingga tidak mengherankan jika tenaga ahli yang membuatnya digaji mahal. Saat Anda membeli jam tangan mewah itu sama saja Anda membeli jasa dan juga waktu para pengrajinnya. Tenaga yang akan membuat jam tangan mewah ini harus melewati masa pelatihan yang tidak sebentar yaitu 10 tahun lamanya barulah mereka akan praktik dalam membuat jam tangan tersebut. Tidak cukup sampai di situ saja, proses produksi jam tangan mahal ini membutuhkan waktu bertahun-tahun. Meski zaman sudah semakin modern namun proses pembuatan jam tangan ini masih menggunakan tenaga manusia. Penyusunan komponen ukuran mikro sampai dengan uji coba dilakukan sendiri oleh tenaga manusia.

3. Pintu ke Pintu

Yang harus Anda ketahui dari jam tangan yang harganya mahal adalah tahapan yang dilalui untuk sampai ke konsumen ini tidak sebentar harus dari pintu ke pintu. Untuk bisa sampai ke tangan pembeli jam tersebut harus melalui pabrik, pusat grosir, distributor, retailer, baru nantinya akan sampai ke tangan konsumen. Bisa jadi harga di pabrik rendah namun ketika sampai ke grosir harganya naik 2 kali lipat, begitu seterusnya. Semakin banyak tangan yang terlibat maka semakin mahal harga jam tangan tersebut.

4. Komponen Tambahan

Yang membuat jam tangan branded semakin mahal adalah komponen mewah yang ditambahkan pada jam tangan tersebut. Sebagai contohnya adalah jam tangan ditambahkan strap kulit asli, berlian, emas, dan lain sebagainya. Strap kulit asli membuat harga jam tangan akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan yang sintetis. Terlebih lagi jika sudah ada berlian yang disematkan di dalamnya, harga jam tangan branded tersebut tidak akan di banderol dengan harga puluhan juta rupiah saja, namun bisa mencapai ratusan juta bahkan miliaran rupiah.

5. Limited Edition

Alasan terakhir mengapa jam tangan mewah harganya mahal adalah limited edition. Perusahaan jam tanga mewah ternama tidak akan mau memproduksi jam tangannya dalam jumlah banyak. Mereka hanya akan memproduksi dalam jumlah sedikit bahkan sengaja memproduksi di bawah permintaan. Sebagai contohnya adalah pabrik memproduksi jam tangan dengan biaya 100 juta untuk riset, perancangan, pengembangan, dan juga pembelian.

Baca juga : Perbedaan Jam Tangan Waterproof, Water Repellent dan Water Resistant

Dimana model tersebut diproduksi sebanyak 100 buah, dengan  biaya produksi yang sama model lain di produksi 1000 buah tentu model yang hanya diproduksi 100 buah harga jualnya akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan model kedua. Khusus jam tangan murah kemungkinan komponen penyusunnya juga murah dimana baterainya hanya akan bertahan beberapa bulan saja, beda dengan jam tangan mewah yang bergaransi dan baterai bisa bertahan bertahun-tahun.

Kenapa jam tangan mewah mahal? Beberapa alasan yang telah disebutkan di atas menjadi faktor yang melatarbelakangi mengapa harga jam tangan tersebut mahal, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Cek tokonya di www.intime.co.id

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak