Jam Tangan Automatic

Mengapa Harus Membeli Jam Tangan Automatic? Ini Alasannya!

Mengapa harus membeli jam tangan automatic? Jawaban pertanyaan ini mungkin berkaitan dengan beberapa hal termasuk desain, kualitas, tampilan dan harga jam tangan itu sendiri. Dengan kata lain ada perbandingan antara jam tangan automatic dan manual (menggunakan baterai) yang mempengaruhi daya tarik untuk membeli.

Jam automatic (otomatis) sering juga disebut jam tangan kinetik dengan sistem kerja menggunakan mesin otomatis sehingga tidak memerlukan batere. Secara umum kinerjanya tergantung dari pergerakan pemakai. Biasanya tangan automatic akan mati sendiri jika tidak dipakai dalam waktu lama, meskipun dalam hal ini juga tergantung merk dan kualitasnya.

Dibutuhkan tenaga ekstra supaya kinerja mesin tetap maksimal meskipun tidak sedang digunakan. Salah satu caranya yaitu dengan memutar knop pegas untuk menyimpan cadangan daya.

Jam Tangan Automatic Memiliki Keunggulan Lebih

Ada sederet jam tangan mewah yang menggunakan prinsip kerja automatic seperti Rolex, Montblanc, Seiko, dan Tag Heuer. Keunggulan jam automatic, kita tidak perlu repot gonta ganti baterai. Secara akurasi jam tangan tangan automatic juga lebih baik. Itulah alasan mengapa harus membeli jam tangan automatic dibanding yang menggunakan baterai. Kelemahan jam tangan ini hanya satu yaitu rentan terhadap benturan.

tag heuer
image by robbreport.com

Yang sering jadi pertanyaan adalah, apakah ada jam automatic KW (replica) yang anti air (water resistant)? Sampai saat ini tidak ada produk KW jam tangan aoutomatic yang anti air, kecuali produk original. Soal harga tentu versi original jauh lebih mahal. Untuk itu jika ingin mengutamakan fitur water resistant sebaiknya pilih jam tangan yang menggunakan baterai.

Baca juga : 4 Alasan Mengapa Orang Suka Pakai Jam Tangan

Mudah dalam Perawatan

Secara umum jam automatic versi original harganya cukup mahal sehingga memiliki nilai investasi tinggi. Bahkan ada beberapa merk yang harganya mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah. Semakin terbatas jumlah produk, biasanya semakin mahal pula harganya.

Karena harga yang mahal sekaligus aset bernilai tinggi, perlu dipahami cara merawat jam tangan automatic supaya lebih awet.

Mengenali Material yang Digunakan

Merawat jam automatic terlebih dulu harus mengenali material yang digunakan. Karena pada prinsipnya beda bahan beda pula cara perawatannya.

Untuk jam tangan dari bahan kulit (leather) usahakan tidak bersentuhan dengan air. Bahan kulit sangat mudah terkikis permukaannya jika sering terkena air. Jika tidak sedang dipakai sebaiknya disimpan di tempat kering dengan suhu ruangan.

Material jam tangan
Image by gearpatrol.com

Untuk jam automatic jenis bracelet dari stainless steel perawatannya kurang lebih sama. Namun bahan yang satu ini sangat rentan terhadap air laut. Kandungan garam pada air laut bersifat merusak partikel material tersebut.

Perawatan di Rumah Secara Konsisten

Bagi yang sering beraktivitas di luar ruangan, perlu adanya perawatan secara konsisten di rumah setelah seharian jam tangan menemani beraktivitas. Perawatan yang disarankan adalah melakukan winding jam tangan pada malam harinya.

Caranya mudah, knop terus diputar kemudian diisi power re-safe pada bagian poros yang tersedia. Upayakan bagian tersebut selalu terisi sebab kinerjanya akan terganggu jika dibiarkan kosong dan berhenti dalam jangka waktu yang lama.

Baca juga : Review Jam Tangan Pria Fossil Smartwatch Q Marshal dan Gen 4

Setelah itu lanjutkan dengan pembersihan body jam tangan. Caranya juga gampang, pastikan crown masih dalam kondisi terkunci. Berikutnya lakukan pembersihan dengan kain atau sikat gigi. Tentunya sikat gigi berbulu halus.

Pembersihan body ini tidak disarankan menggunakan minyak jenis apapun. Kandungan material setiap brand jam automatic berbeda-beda. Dengan sendirinya luxury watch service-nya juga tidak sama. Jika ragu, di cleansing di service center resmi adalah pilihan yang bijak.

Perawatan Rutin di Service Center

Seperti yang disebutkan tadi, jika bingung merawat sendiri di rumah, perawatan jam tangan automatic bisa diserahkan ke service center resminya. Disana pembersihan akan ditangani oleh mekanik profesional.

Service Center

 

Perawatan di service center idealnya dilakukan seminggu sekali. Ini karena beberapa jam automatic memiliki fitur water resistant yang sangat sensitif sehingga dibutuhkan pengecekan lebih dalam dan sesering mungkin.

Nah, itu tadi penjelasan mengapa harus membeli jam automatic dibanding jam tangan yang menggunakan baterai. Tertarik membeli jam automatic? Anda bisa mendapatkannya di urbanicon.co.id / fossil.co.id / intime.co.id(luxury brand). Banyak produk jam automatic yang bisa Anda pilih,f Tentunya versi original dan bergaransi.

Leave a Reply