Jenis Jam Tangan

5 Jenis Jam Tangan Dari Zaman Dahulu Sampai Sekarang yang Terkenal

Tidak hanya modelnya saja yang harus diketahui, namun mengetahui jenis jam tangan juga penting. Hal itu dikarenakan tidak hanya modelnya saja yang beragam namun jenisnya juga beragam sehingga dengan mengetahui jenisnya ini Anda bisa mengetahui jam tangan seperti apa yang benar-benar cocok untuk Anda.

Seperti yang diketahui bahwa jam tangan ini sudah ada sejak zaman dahulu sehingga jenis jam ini berubah-ubah disesuaikan dengan perubahan zaman. Tentunya jenis jam yang dijumpai dan dilihat pada zaman dahulu akan sulit untuk dijumpai pada masa kini karena sudah tidak digunakan lagi.

Selain itu fitur pada jam tangan tersebut mengalami perubahan ke arah yang lebih baik dan canggih dibandingkan zaman dahulu terlebih lagi saat ini kebutuhan masyarakat akan jam tangan juga semakin kompleks. Agar tidak penasaran, simak beberapa jenis jam tangan yang wajib untuk Anda ketahui berikut ini:

Analog

Skagen Aaren Black-Gray Reversible Leather
Skagen Aaren Black-Gray Reversible Leather

Jenis jam tangan yang pertama adalah analog. Jam tangan ini akan memiliki jarum sebagai penunjuk angkanya.  Jam dengan tipe analog ini kebanyakan display atau tampilannya berupa jarum jam yang bisa berputar. Tampilan angkanya pun lengkap mulai dari angka 1 sampai dengan 12.

Namun karena model jam tangan yang semakin variatif saat ini jam tangan dengan tipe analog ini menggunakan jarum atau angka yang sudah dimodifikasi misalnya adalah pada jarum tersebut diberikan ornamen atau aksen kupu-kupu yang bisa bergerak begitu pula dengan bagian angka dimana banyak yang mengganti angka tertentu dengan aksen yang lebih lucu. Bahkan jam analog saat ini jarumnya tidak sepanjang dengan jam analog zaman dahulu.

Digital

Rip Curl Drifter Digital Black
Rip Curl Drifter Digital Black

Jenis selanjutnya ada jam tangan digital. Jam tangan ini adalah kebalikan dari jam tangan analog dimana yang membuatnya berbeda karena tidak dilengkapi dengan jarum jam. Khusus jam tangan digital ini hanya akan ada tampilan angka jam, menit dan detik. Misalnya adalah pukul 8 maka display nya akan menampilkan angka 8 kemudian diikuti dengan menit dan juga detik, tanda pemisah berupa titik dua.

Baca juga : 3 Merk Jam Tangan Wanita Terkenal di Indonesia

Otomatis

Fossil Townsman Automatic Brown Croco Leather Watch
Fossil Townsman Automatic Brown Croco Leather Watch

Jam tangan jenis ini tidak menggunakan tenaga baterai, namun menggunakan sumber energi atau tenaga dari gerakan tangan si pengguna jam tangan tersebut, sehingga bisa dikatakan bahwa gerakan tangan tersebut akan di konversikan menjadi tenaga yang bisa digunakan untuk menggerakkan jam tangan. Biasanya ciri khas dari jam tangan otomatis ini adalah memiliki body dan massa yang lebih besar karena menyimpan mesin-mesin mekanik di dalamnya.

Fungsi dari mesin mekanik tersebut sebagai penggerak jam tangan tersebut secara otomatis. Jam tangan jenis ini bisa bertahan kurang lebih 1 hari meski tidak digunakan, sehingga saat energinya habis dan telah mati Anda hanya perlu menggerakkannya kembali agar bisa hidup dan bergerak secara normal.

Chronograph

Emporio Armani Aviator Blue Leather

Mungkin jenis jam tangan satu ini sedikit asing karena sulit ditemukan. Alasannya adalah jam tangan chronograph sudah tidak banyak digunakan berbeda dengan zaman dahulu dimana masyarakat masih suka menggunakan jam tangan jenis ini.

Saat ini jam tangan chronograph hanya digunakan untuk mengukur waktu dalam acara perlombaan dimana dilengkapi dengan tiga tombol pada bagian samping kanan. Tombol paling atas digunakan untuk mengukur detik sampai dengan mengukur kecepatan sampai dengan satu seperseratus detik.

Untuk bagian tengah berfungsi sebagai penyetel jam dan menit sama seperti dengan jam tangan biasa. Yang berbeda adalah tombol paling bawah dimana berfungsi sebagai penghenti detik yang dinyalakan oleh tombol atas kemudian membalikkan ke posisi semula yaitu di angka 12.

Quartz

Tag Heuer Monaco Quartz
Tag Heuer Monaco Quartz

Ada yang belum bisa membedakan antara jam tangan analog dengan jam tangan quartz ini. Banyak yang menganggap kedua jam tersebut sama padahal keduanya berbeda. Untuk jam analog dilengkapi dengan angka 1 sampai dengan jam 12, sedangkan khusus quartz ini tidak ada angka penunjuk jamnya.

Baca juga : 5 Tips Memilih Model Jam Tangan untuk Wanita yang Tepat dan Stylish

Yang ada adalah kristal yang menjadi penanda menit dan juga jam.  Sama halnya dengan jam analog pada jam ini dilengkapi dengan tiga jarum yang terus bergerak atau berdetak kemudian dua lainnya adalah jarum penunjuk menit dan juga jam.

Selain jenis yang disebutkan di atas tersebut masih ada banyak jenis jam tangan lainnya yang juga penting diketahui seperti Ana-dig yang menjadi singkatan analog dan digital, water resistant watch, sport watch, luxury watch, dan juga ada jam tangan klasik.

Leave a Reply