Pola Hidup Sehat

Jalankan Pola Hidup Sehat Karena Biaya Pengobatan Semakin Mahal

Lakukan Dari Sekarang Pola Hidup Sehat Karena Biaya Pengobatan Semakin Mahal

Tidak bisa dimungkiri bahwa biaya pengobatan semakin mahal. Semakin kritis penyakitnya akan membuat biaya berobat juga semakin mahal, selain itu juga membutuhkan pengobatan yang tidak sebentar. Tidak mengherankan jika seseorang bisa jatuh bangkrut akibat menderita penyakit kritis dalam jangka waktu lama.

Yang menakutkan adalah meski sudah mengeluarkan biaya pengobatan yang mahal dan tidak sedikit ada beberapa penyakit yang tidak ada jaminan untuk sembuh dimana pengobatan yang diberikan hanya untuk mengurangi gejala yang ada dan memperpanjang umur pasien seperti gagal ginjal, kanker, diabetes, dan lain sebagainya. Melihat hal tersebut tentu sudah seharusnya kita semua yang masih sehat menjaga kesehatan dengan sebaik-baiknya, karena mencegah lebih baik dibandingkan dengan mengobati.

Alasan Biaya Pengobatan Mahal

Ada beberapa alasan mengapa biaya pengobatan semakin mahal. Perwakilan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia atau PERSI, Soemaryono Rahardjo, SE, MBA menjelaskan jika peningkatan tarif berobat di rumah sakit khususnya swasta karena ikut laju inflasi. Tidak hanya itu saja perkembangan teknologi yang diterapkan di rumah sakit juga berpengaruh terhadap biaya berobat di rumah sakit. Yang membuat biaya semakin mahal karena harga obat setiap tahun juga akan terus meningkat.

Dikatakan bahwa obat ini menjadi modal tertinggi dan mempengaruhi 35% sampai dengan 40% tarif rumah sakit. Operasional rumah sakit swasta semuanya menggunakan dana pribadi berbeda dengan rumah sakit milik pemerintah dimana ada berbagai macam subsidi untuk membeli alat. Untuk swasta semua alat modal sendiri, gaji karyawan, dan investasi alat ditanggung sendir sehingga harus ada perhitungan untuk bisa balik modal.

Baca juga : Suka Camping Ground? Cek Lokasinya Yang Kami Rekomendasikan

Perwakilan dari Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia atau ARSSI juga menjelaskan bahwa yang membuat biaya pengobatan semakin mahal karena tidak adanya rujukan dari dokter terpadu, sehingga kurang regulasi terhadap layanan kedokteran.  Semakin meningkatnya layanan kesehatan maka akan terkena dampak komersialisasi.

Meski begitu saat ini masyarakat bisa mengantisipasinya dengan mengikuti asuransi kesehatan publik yang dijamin pemerintah dimana bisa mengurangi beban finansial pasien ketika berobat. Sayangnya jaminan ini juga mengalami peningkatan tarif sehingga masyarakat harus bisa memanajemen keuangan dengan baik agar  bisa melakukan pembayaran asuransi kesehatan dengan lancar.

Cegah Penyakit dengan Pola Hidup Sehat

Mulai saat ini mulailah menerapkan pola hidup sehat karena biaya pengobatan semakin mahal. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat seperti berikut ini:

  • Pola makan yang sehat

Hampir sebagian besar penyakit yang muncul di dalam tubuh disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat. Saat ini sudah banyak anak muda yang terkena penyakit berbahaya dikarenakan pola makan yang tidak sehat. Terlalu banyak mengonsumsi junk food dan makanan tinggi kolesterol membuat tubuh mudah terserang penyakit. Selain itu agar tidak terkena hipertensi ada baiknya jika membatasi konsumsi garam. Batasi pula konsumsi makanan kemasan dan juga daging olahan karena tinggi pengawet.

Terapkan pola makan sehat dengan mengonsumsi sayur dan buah yang cukup, mengganti nasi putih dengan nasi merah atau shirataki yang rendah glukosa, selain itu batasi minuman soda ataupun minuman yang mengandung glukosa tinggi, dan imbangi dengan mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter dalam sehari.

  • Istirahat yang cukup

Sebagus apapun pola makan yang Anda terapkan jika tidak diimbangi dengan istirahat yang cukup tetap tidak akan bagus untuk kesehatan. Pastikan Anda memiliki jam tidur yang cukup dan tidur berkualitas setiap malamnya. Saat Anda kurang tidur malam tubuh akan terasa lemas dan kurang bugar karena tubuh Anda telah melawan siklus alami tubuh.

Manusia memiliki jam biologis yang terbentuk dari siklus pagi hari, terang, dan gelap. Pada saat malam hari hati atau liver manusia akan bekerja dengan membuang racun hasil metabolisme sehingga jika manusia tetap terjaga pembuangan racun tidak akan bisa dilakukan dan dalam jangka panjang fungsi hati akan terganggu. Selain itu sering terjaga pada malam hari akan membuat seseorang mudah terkena diabetes dan juga jantung.

  • Kelola stress dan olahraga teratur

Untuk menjaga kesehatan Anda harus bisa menghindari stress.  Stress hanya akan membuat hormon tidak stabil, selain itu juga memicu tekanan darah tinggi yang mana menjadi gerbang utama berbagai macam penyakit lain seperti gagal ginjal, jantung, dan juga stroke. Untuk meredakan stress Anda bisa melakukan yoga, selain itu lakukanlah olahraga yang teratur.

Biaya pengobatan semakin mahal membuat kita harus semakin sadar dalam menjaga kesehatan, jangan tunggu sampai sakit, lakukanlah beberapa cara di atas untuk membuat tubuh tetap sehat dan bugar.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *