Jam tangan Rolex Asli

7 Cara Membedakan Jam tangan Rolex Asli dan Palsu

Bagi mereka yang mampu membeli, jam Rolex merupakan simbol kemewahan sejati. Karena alasan tersebut banyak beredar barang tiruannya sehingga jika tidak jeli dalam membeli bisa tertipu membeli barang KW. Bagi pemakai dan pembeli jam tangan mewah pemula masih kesulitan untuk membedakan mana jam Rolex asli dengan yang palsu. Oleh sebab itu agar tidak tertipu simak perbedaan jam tangan Rolex asli dengan yang KW berikut ini:

Bunyi Jam

Cara membedakan jam Rolex asli dengan KW pertama adalah Anda bisa mengetahui dari bunyi jamnya. Pada jam biasa atau jam Rolex KW gerakan atau detik jamnya tersentak-sentak atau terpotong. Perpindahan jarum detik bisa berpindah dengan kentara dari satu posisi ke posisi berikutnya.

Jika Anda mendengarkannya dengan saksama, detikan jam berbunyi “tik…tik…tik”. Khusus jam tangan mewah seperti Rolex dan jam mewah yang lainnya detikannya tidak berbunyi sama sekali, jarum jam bergerak nyaris halus sempurna karena gerakan otomatis bukan kuarsa. Jika Anda mendengarkan suara “tik” sedikit itu tandanya jam tersebut bukan Rolex asli.

Gerakan Jarum

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa Rolex ini memiliki jarum detik yang bisa berputar dengan halus di sepanjang tampilan arloji tidak melompat dari satu posisi kemudian berpindah ke posisi berikutnya. Perhatikan jam tangan Rolex yang akan Anda beli tersebut apakah memiliki gerakan jarum jam yang halus, mengikut jalur di dalam lingkaran, atau mengitari tepi permukaan.

Baca juga : Bongkar Rahasia Makna Angka Romawi “IIII” Pada Jam Tangan

Jika gerakannya tidak halus bisa jadi barang tersebut adalah yang KW. Meski begitu jika Anda melihatnya dari jarak dekat, gerakan jarum jam Rolex tidak mulus sempurna karena ada beberapa model yang hanya memiliki kecepatan 8 gerakan kecil per detiknya bahkan ada yang lebih lambat. Namun hal ini tidak bisa terlihat secara kasat mata sehingga jarum jam tersebut akan terlihat  selalu mulus.

Nomor Seri Arloji

Membedakan jam tangan Rolex asli dengan KW ini bisa terlihat dari nomor seri arlojinya. Memang untuk KW Super akan dibuat sangat mirip dengan yang asli sehingga Anda harus mengamati lebih detail bagian terkecil yang sulit untuk dipalsukan. Mulailah dengan mencari nomor serinya dengan cara melepas sabuk atau strap jam.

Nomor seri Rolex ditandai dengan garis padat dan sangat halus selain itu juga bersinar. Sebaliknya nomor seri pada Rolex palsu atau replika terdiri dari titik-titik kecil yang tidak jelas atau samar karena terbuat dari kualitas rendahan dimana pembuatannya dengan cid-etching atau mengukir lempeng logam menggunakan cairan asam sehingga jika dirasakan juga   akan berpasir.

Pembesaran Imitasi Pada Tanggal

Banyak namun tidak semua jam Rolex memiliki lempeng atau cakra jam dimana menampilkan tanggal. Jendela ini akan terletak di sebelah kanan tampilan arloji dan dekat dengan pukul 3. Agar cakra ini menjadi mudah dibaca, Rolex akan menambahkan lensa pembesar berukuran kecil atau biasa disebut dengan Cyclops di kaca tepat di atas cakra.

jam tangan rolex original

Bagian ini sulit ditiru sehingga banyak Rolex palsu justru menampilkannya seperti dengan panel pembesar namun ketika dilihat hanya mirip dengan kaca biasa. Jika panel pembesar di bagian atas cakra tunggal tidak nampak membuat angka tanggal terlihat lebih besar bisa jadi produk itu palsu.

Dial yang Sempurna

Dial pada jam tagan Rolex yang asli ini sangat sempurna sehingga jika Anda melihat font yang tidak rata, space yang tidak konsisten diantara huruf, tinta, dan juga salah eja ini bisa jadi menandakan jam tangan tersebut palsu.

Baca juga : Toko Jam Tangan Original Garansi Resmi Terbaik

Bobot

Rolex yang asli akan memiliki bobot yang lebih berat jika dibandingkan dengan yang palsu dikarenakan diproduksi secara eksklusif dan dari bahan yang terbaik. Untuk jam tangan palsu lebih ringan dikarenakan bahan pembuatannya adalah bahan yang murahan.

Waterproof

Jam Rolex yang asli ini dibuat tahan air, sedangkan untuk jam tangan yang palsu tidak tahan terhadap air. Meski begitu jangan coba-coba mengujikan air ke jam kesayangan Anda dikarenakan tetes air yang dibiarkan terus menerus akan merusak komponen jam Rolex tersebut dan biaya penggantiannya cukup mahal.

Jangan sampai tertipu dengan jam tangan KW dikarenakan hal tersebut akan sangat merugikan Anda ke depannya. Pastikan sebelum membeli jam tangan Rolex, Anda menelitinya terlebih dahulu dengan beberapa cara yang telah disebutkan di atas agar Anda mendapatkan jam tangan yang asli.

Leave a Reply