Chronograph

Cara Kerja Jam Tangan Chronograph dan Fungsinya

Apa Itu jam tangan chronograph? Jam tangan chronograph adalah jam tangan yang dilengkapi stopwatch. Jadi secara fungsi, selain sebagai penunjuk waktu jam tangan ini juga digunakan sebagai alat pengukur waktu atau pencatat durasi.

Dilihat dari bagian-bagiannya, pada dial utamanya jam tangan ini memiliki dua sampai tiga subdial. Selain untuk penunjuk waktu dalam satuan menit, subdial juga berfungsi sebagai penunjuk detik jam.

Jika sebuah jam tangan chronograph menggunakan tiga subdial, maka satuan 12 jam atau 24 jam ditunjukkan oleh subdial ketiga. Sementara jarum detik besar di bagian dial utama umumnya tidak bergerak, diam di angka 12.

Mengapa? Karena jarum detik besar tersebut hanya bergerak jika fungsi chrono pada jam tangan digital tersebut diaktifkan. Artinya, jarum detik besar tadi digunakan untuk detik stopwatch.

Cara Menggunakan Stopwatch Pada Jam Tangan Cronograph

Bagaimana cara menggunakan chronograph? Kita bisa mengaktifkan jarum detik besar dengan cara menekan tombol crown di bagian kanan (atas) yang biasanya sejajar dengan angka dua. Sebaliknya jika ingin menghentikan / stop jarum detik stopwatch tadi, caranya dengan menekan sekali lagi tombol tersebut.

Untuk me-reset atau mengembalikan jarum detik pada posisi awal, cukup dengan menekan tombol di bagian kiri crown yang biasanya sejajar dengan angka empat.

Baca juga : 5 Jenis Jam Tangan Dari Zaman Dahulu Sampai Sekarang yang Terkenal

Penambahan fitur chronograph biasanya terdapat pada jam tangan pilot atau diver. Untuk jam tangan pilot fungsi chronograph untuk mencatat durasi penerbangan, sedangkan bagi seorang diver digunakan untuk mengetahui berapa lama ia sanggup bertahan di dalam air saat melakukan diving (menyelam).

zenith watch chronograph

Hampir semua produk jam tangan chrono dilengkapi tachymeter di bagian bezelnya. Adapun fungsi tachymeter ini untuk mengukur kecepatan dan waktu tempuh. Biasanya juri lomba lari, balap motor atau balap mobil menggunakan jam chronograph yang dilengkapi fitur tachymeter ini.

Sejatinya fungsi stopwatch pada jam tangan chronograph sangat universal, bisa dipakai pada semua kegiatan yang memerlukan estimasi waktu. Artinya tidak terpaku pada hal-hal seperti yang disebutkan diatas.

Misalnya seorang koki membutuhkan durasi waktu tertentu dalam menyelesaikan masakannya, atau tentara membutuhkan estimasi waktu khusus pada saat melakukan operasi militer. Kedua profesi tersebut bisanya juga menggunakan jam chrono.

Keunggulan Jam Tangan Chronograph dari Sisi Fashion

Cara kerja jam tangan chrono memang sangat penting untuk beberapa aktivitas dan profesi diatas. Namun produk ini tidak hanya terbatas pada kegiatan yang membutuhkan durasi waktu tertentu.

Dari sisi fashion tampilan jam chronograph terlihat sangat keren. Ini bisa dilihat dari ukuran dan desainnya yang cukup tebal sehingga terkesan lebih macho ketika dipakai. Banyaknya tombol serta subdial membuat tampilannya lebih futuristik.

Jadi bukan hal yang aneh jika kaum muda atau bahkan dewasa sering menggunakan jam tangan chrono untuk menunjang penampilan. Untuk tampil keren dan modern bisa dibilang jam tangan ini aksesoris paling direkomendasikan.

Cara Kalibrasi Jam Tangan Chronograph

Kadang jam chronograph merk tertentu sering mengalami kendala. Misalnya ketika ingin me-reset jarum detik ke posisi semula, jarum tidak benar-benar tepat di angka 12 atau sedikit bergeser. Contohnya ketika pergantian batere atau tidak sengaja menekan tombol chronograph pada saat menarik crown secara penuh.

Kondisi tersebut sebenarnya normal dan tidak perlu buru-buru dibawa ke tempat servis. Yang perlu dilakukan adalah mengkalibrasi atau menyetel jarum chronograph sendiri.

Cara kalibrasi jarum detik pada jam chronograph cukup mudah. Tarik crown pada posisi mengatur jarum jam kemudian tekan tombol chronograph. Hampir semua jenis chronograph quartz, perpindahan posisi jarum chronograph dilakukan dengan cara menekan tombol atas chronograph.

Baca juga : Mengapa Harus Membeli Jam Tangan Automatic? Ini Alasannya!

Jika hanya ditekan sekali-sekali maka jarum akan bergerak dalam skala terkecil. Sebaliknya jika ditekan lalu ditahan maka jarum chronograph akan bergerak cepat. Lakukan proses tekan dan tahan tersebut beberapa kali. Nah, sampai disini proses kalibrasi telah selesai. Jika posisi jarum chronograph sudah diatur, tutup dengan menekan kembali tombol crown pada posisi semula.

Dilihat dari fungsinya, cara kerja jam tangan chronograph memang penting untuk membantu berbagai aktivitas. Tapi jangan lupa, dari sisi fashion jam tangan dengan stopwatch ini juga penting untuk menunjang penampilan.

Leave a Reply