jam tangan fossil IIII

Bongkar Rahasia Makna Angka Romawi “IIII” Pada Jam Tangan

Sudah Tau Makna Angka Romawi IIII pada Jam Tangan? – Jika diperhatikan secara seksama memang ada yang aneh pada jam tangan yang menggunakan angka romawi. Keanehan terletak pada penunjuk angka 4 yang seharusnya menggunakan simbol “IV” namun disitu disitu menggunakan “IIII”.

Mungkin pernah ada yang menduga bahwa penggunaan angka romawi 4 dengan “IIII” adalah kesalahan. Namun setelah melihat jam tangan merk lain dengan angka romawi yang menggunakan simbol sama, baru menyadari bahwa itu memang disengaja. Jika demikian, apa alasannya?

Mengapa Jam Tangan Angka Romawi IIII bukan IV?

Penggunaan romawi “IIII” dan bukan “IV’ pada jam tangan ternyata memang praktik yang jamak dilakukan. Bahkan praktik ini konon sudah dilakukan sejak ratusan tahun lalu. Dari berbagai sumber berikut ini rahasia makna angka romawi “IIII” pada jam tangan yang mungkin ingin Anda ketahui.

Keseimbangan Visual

Ada banyak teori mengenai alasan mengapa semua produsen jam tangan tidak menggunakan angka romawi “IV” namun lebih memilih “IIII” yang selanjutnya disebut dengan “watchmaker’s four”. Alasan paling umum dan mungkin paling masuk akal adalah untuk menjaga keseimbangan visual sisi kiri dan sisi kanan.

cartier IIII

Secara logika angka “IIII” di sisi kanan dapat mengimbangi angka “VIII” di sisi kiri. Tentunya sedikit lebih tebal dibanding jika menggunakan angka “IV”. Dari segi sudut pandang penggunaan angka “IIII” lebih simetris. Angka “IV” juga bisa rancu menjadi “VI” jika posisinya terbalik.

Efisiensi Produksi

Selain alasan keseimbangan visual, para produsen jam tangan memiliki alasan berbeda yaitu efisiensi  produksi. Menurut mereka, penggunaan “IIII” lebih hemat material bahan cetakan dibandingkan dengan “IV”.

Baca juga : 4 Merk Jam Tangan Wanita Terbaik di Dunia

Jika menggunakan “IIII” maka hanya membutuhkan 20 buah “I”, dan 4 buah “V” serta 4 buah “X”.  dengan demikian produsen bisa membuat cetakan dengan bentuk “VIIIIX” yang nantinya bisa dipakai sebanyak 4 kali dalam satu tampilan dial. Tentunya dalam hal pencetakan angka cara ini lebih efisien dibanding jika memilih angka “IV” pada jam tangan angka romawi.

Berhubungan dengan Mitos Yunani Kuno

Menurut sumber berbeda, konon makna angka romawi “IIII” pada jam tangan ada hubungannya dengan mitos romawi kuno. Bukan alasan praktikalitas atau simetris namun ada spekulasi bahwa penggunaan  angka “IV” dianggap menghina Dewa Yupiter pada waktu itu. Dalam penulisan bahasa latin menjadi “IVPITER” kemudian dipilih “IIII” sebagai gantinya.

Roman-numeral-number-IIII-watches-clocks-4

Pada saat itu fungsi jam dinding menggantikan fungsi jam matahari sehingga penulisan pada jam pun tidak boleh bersinggungan dengan agama. Namun teori tersebut akhirnya diragukan karena kemudian setelah penganut agama romawi sudah tidak ada, angka “IIII” pada jam tetap digunakan. Bahkan sampai sekarang.

Perintah dari Raja Louis XIV

Ada juga teori yang mengatakan penggunaan angka “IIII” pada jam romawi diperintahkan oleh Raja Louis XIV dari Perancis. Namun lagi-lagi teori tersebut terbantahkan sebab penggunaannya sendiri sudah dilakukan jauh sebelum Raja Louis XIV berkuasa.

Bahkan alasan simetris juga diragukan kebenarannya. Jam katedral di Inggris misalnya, jam yang konon dibuat pada abad ke-14 ini sudah menggunakan angka “IIII” bahkan sudah memakai format 24 angka dalam 1 lingkaran. Dengan sendirinya unsur simetris tidak lagi menjadi pertimbangan pada formasi jam tersebut.

Sementara itu Big Ben jam yang merupakan destinasi tersohor dunia dengan format 12 angka menggunakan angka “IV”, bukan “IIII”. Apapun rahasia dibalik penggunaan angka tersebut, faktanya angka “IIII” atau “IV” jelas sudah digunakan pada teks-teks romawi kuno. Tak jarang bahkan keduanya muncul dalam satu dokumen secara bersamaan. Angka-angka tersebut juga tetap digunakan pada jam tangan pria angka romawi masa kini.

Di Indonesia sendiri, Jam Gadang yang merupakan simbol khas Sumatera Barat juga menggunakan angka “IIII”. Tentunya tetap menjadi perbincangan menarik terkait makna angka tersebut dan mungkin misteri tersebut tidak akan terpecahkan oleh siapapun.

Baca juga : 3 Merk Jam Tangan Wanita Terkenal di Indonesia

Terlepas apapun makna angka Romawi “IIII” pada jam tangan saat ini, penggunaan angka “IV” secara teori memang paling tepat. Namun faktanya angka “IIII” masih tetap digunakan dan mungkin akan menjadi sejarah tersendiri bahkan hingga era digital seperti sekarang.

Nah, jangan lupa bagi Anda yang ingin tampil keren dengan jam tangan angka romawi silakan lihat-lihat koleksi jam tangan paling lengkap di intime.co.id. Banyak sekali pilihan merk, desain, dan warnanya dan yang paling penting harganya paling murah. Cek saja.

Leave a Reply