Pisang

10 Makanan untuk Penderita Diabetes dengan Indeks Glikemik Rendah

Makanan untuk penderita diabetes harus diperhatikan dengan baik. Kadar gula pada penderita diabetes akan mudah naik sehingga salah makan sedikit saja bisa berakibat fatal. Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa diabetes ini tidak bisa disembuhkan, penderitanya hanya bisa mengontrol makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuhnya supaya gula darah tidak naik.

Diabetes sendiri menjadi penyakit yang paling banyak diderita, tidak hanya di Indonesia namun juga di dunia. Kini anak muda pun beresiko terkena diabetes yang diakibatkan oleh pola makan yang tidak sehat dan sembarangan. Pada penderita diabetes tubuhnya tidak bisa memproduksi insulin. Insulin ini berfungsi mengubah glukosa dari makanan menjadi energi yang diperlukan oleh tubuh.

Diabetes mampu memicu komplikasi dan akan bertambah parah jika pola makan sembarangan. Pada penderita diabetes, makanan yang dikonsumsi harus diperhatikan kadar indeks glikemiknya. Makanan dengan glikemik rendah bisa menjadi solusi bagi penderita diabetes agar kadar gulanya tetap normal dan terkontrol. Simak beberapa makanan untuk penderita diabetes dengan indeks glikemik rendah yang penting untuk diperhatikan berikut ini:

Apel

apel

ADA atau Asosiasi Diabetes Amerika mengungkapkan apel menjadi salah satu buah yang direkomendasikan.  Apel sangat bagus dikonsumsi penderita diabetes karena mengandung karbohidrat dan gula. Gula yang ada pada apel adalah fruktosa yang terbentuk alami berbeda dengan buatan. Indeks glikemik apel hanya 38.

Pisang

Pisang

Makanan untuk penderita diabetes selanjutnya adalah pisang. Pisang ini memiliki tekstur lembut dan bisa ditemukan di setiap musim. Pisang hanya memiliki indeks glikemik sebesar 54. Meski begitu pisang tidak boleh terlalu sering dikonsumsi oleh penderita diabetes karena karbohidrat tinggi. Hindari pula pisang yang terlalu matang karena indeks glikemik tinggi.

Baca juga : Manfaat Meditasi Bagi Kesehatan yang Perlu Kamu Tahu

Anggur

Anggur

Makanan untuk penderita diabetes dengan indeks glikemik rendah selanjutnya adalah anggur. Anggur juga memiliki kandungan yang bagus untuk kesehatan. Anggur kaya akan fitokimia yang disebut dengan resveratrol, kandungan ini mampu memodulasi glukosa dalam darah dan mencegahnya menjadi tinggi.

Jeruk

Jeruk

Menurut ADA, jeruk menjadi satu dari sekian banyak buah yang memiliki indeks glikemik rendah. Selain kaya akan serat, jeruk ini juga kaya akan potasium, folat dan juga vitamin C. Kandungan tersebut sangat bagus untuk penderita diabetes. Indeks glikemik pada jeruk ini hanya sebesar 48 saja.

Bayam

Bayam

Menurut penelitian nitrat organik pada bayam bermanfaat bagi pasien diabetes. Nitrat organik ini juga bisa mengubah resisten insulin dan juga disfungsi pada sel lebih stabil. Bayam juga dipercaya memiliki kemampuan menstabilkan glukosa darah dan mencegah komplikasi pada diabetes. Indeks glikemik pada bayam ini hanya sebesar 15 saja.

Tomat

Tomat

Tomat kaya akan vitamin A dan selama ini dipercaya bermanfaat untuk kesehatan mata.  Tomat kaya akan antioksidan tinggi dan juga mengandung indeks glikemik rendah sehingga sangat bagus untuk mengendalikan kadar gula bagi pasien diabetes.

Antioksidan dan juga indeks glikemik rendah pada tomat mampu menurunkan stress oksidasi yang ada di dalam tubuh dan juga mencegah terjadinya inflamasi. Kedua faktor ini dipercaya sebagai penyebab utama gula darah meningkat pada pasien diabetes maupun penyebab penyakit berat lainnya.

Brokoli

Brokoli

Sayuran satu ini dipercaya tinggi gizi sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan termasuk bagi penderita diabetes. Brokoli kaya konsentrasi sulforaphane tinggi yang bisa menurunkan kadar gula. Brokoli ini juga bisa membantu resistensi insulin pada penderita diabetes. Indeks glikemik pada brokoli ini hanya sebesar 15 saja, gizi yang terkandung pada brokoli berupa kalsium, zat besi, zinc dan juga beberapa vitamin.

Timun

Timun

Timun bagus untuk penderita diabetes. Timun mampu mengendalikan gula dalam darah. Timun juga mampu mencegah komplikasi pada penderita diabetes. Karena manfaatnya ini penderita diabetes bisa menambahkannya ke menu makanannya sehari-hari. Timun juga memiliki efek antioksidan terutama pada sel pankreas. Efek tersebut mampu mencegah kerusakan sel tubuh yang diakibatkan radikal bebas.

Beras Merah

Beras Merah

Beras merah bisa menjadi makanan menyehatkan bagi pasien diabetes.  Studi mengungkapkan mengganti konsumsi nasi putih dengan nasi merah mengurangi resiko diabetes sebesar 16%. Nasi putih mengandung glukosa yang lebih tinggi dibandingkan dengan nasi merah. Selain nasi merah ada beras atau nasi shirataki dengan kadar glukosa rendah. Nasi shirataki ini juga sering digunakan dalam diet.

Baca juga : Cara Perawatan Wajah Sehari-hari Agar Awet Muda

Wortel

Wortel

Wortel yang mentah maupun sudah matang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Wortel juga bagus untuk pasien diabetes karena indeks glikemik rendah yaitu sebesar 47 saja.

Demikianlah beberapa daftar makanan untuk penderita diabetes dengan indeks glikemik rendah yang terbukti menyehatkan, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *